Jumat, 12 Februari 2016

perangkat lunak (software) komputer (Kelas_7)



Pengertian : software merupakan kumpulan beberapa perintah yang dieksekusi oleh mesin computer dalam menjalankan pekerjaannya. Software ini merupakan catatatan bagi mesin computer untuk menyimpan perintah, maupun dokumen serta arsip lainnya.
Fungsi : mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program agar tata kerja seluruh peralatan computer terkontrol, mengatur dan membuat pekerjaan lebih efisien.
Jenis : secara umum software terbagi menjadi dua yaitu software system operasi (operating system) dan software aplikasi (aplication). Operating system merupakan software yang digunakan untuk mengoperasikan computer, sedangkan application merupakan software atau program yang dioperasikan didalam sebuah lingkungan operating system untuk keperluan-keperluan tertentu, seperti pemrograman (programming), officer work, dan gaming(permainan). Secra khusus software dbagai menjadi lima jenis : system operasi (operating system), alat bantu(utility), bahasa pemrograman, routines (user program), application package(package program)
  1. operating system
pada prinsipnya operating system ini merupakan kumpulan dari program routine dan prosedur yang dibuat untuk memperkecil peranan pengguna computer dalam system computer dan untuk memperbesar efisiensi system tersebut. Dapat juga didefinisikan sebagai perangkat lunak yang bertindak sebagai perantara antara pemakai computer (user) dengan perangkat keras (hardware).
Fungsi utama system operasi antara lain :
– Sebagai manajemen proses yang mencakup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.
– Sebagai manajemen sumber daya yang berkaitan dengan pengendalian terhadap perangkat lunak system / perangkat lunak aplikasi
– Sebagai manajemen data. Yaitu berupa pengendalian terhadap data masukan/keluaran.
Macam-macam system operasi :
– Microsoft windows untuk personal computer (IPC)
– VMS untuk DEC
– OS/2, AIX, OS/390 untuk IBM
– MacOS untuk apple macintosh
– SunOS untuk Sun computers
– Palm OS untuk PDA PalmPilot
– Microsoft Windows CE untuk Palmtop UNIX.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar