Dokumen atau berkas yang berisi
data-data yang disusun berdasarkan baris dalam kolom dalam suatu range
merupakan suatu database dalam lembar kerja MS-Excel. Contohnya, data-data
siswa suatu sekolah yang terdiri atas nama, alamat, tanggal lahir, kota, dan
sebagainya merupakan suatu database siswa dari sekolah yang bersangkutan.
Cara membuat database :
1. Ketiklah data siswa dengan lima
buah nama field seperti NIS, NAMA SISWA, KELAS, ALAMAT, dan KOTA.
2. Klik menu DATA>FORM
3. KLIK OK
4. Ketiklah data siswa yang kita
inginkan pada kotak isian yang muncul, jika ingin menambah data siswa lainnya,
klik tombol perintah New. Jika kita ingin mengakhiri formulir pengisian klik
CLOSE
Kita juga dapat mengurutkan data
dalam suatu database baik secara ascending maupun descending. Prosedur yang
perlu kita ikuti untuk mengurutkan data tersebut adalah sebagai berikut :
1. Sorotlah range yang kita ingin
urutkan.
2. Klik menu Data>Sort
3. Pada bagian My list has, kliklah
tombol header row
4. Pada bagian Sort by, klik kunci
pengurutan yang kita inginkan
5. Klik OK
Tidak ada komentar:
Posting Komentar